Pada akhir tahun 2000 Ustad Masyrur , pengurus yayasan Ibnu Hajar , sebuah yayasan yang bergerak dalam bidang dakwah Islamiah, bermaksud memberikan dana untuk membangun sebuah panti asuhan yatim yang akan digunakan untuk menampung anak – anak yatim dari keluarga kurang mampu untuk dididik dan dibina serta dibiayai oleh yayasan yang dikelolanya. Untuk memenuhi kebutuhan tersebut beliau mencari sebidang tanah wakaf seluas minimal 5.000 meter persegi.

Dengan perantaraan bapak bupati kepala daerah tingkat II kabupaten Magelang, Bapak Hasyim Affandi dana tersebut ditawarkan kepada bapak H. Sumardi. Kebetulan bapak H. Sumardi memiliki sebidang tanah seluas 5.700 meter persegi yang berlokasi di dusun Babadan , Ngluwar , Magelang.

Dengan restu dan persetujuan Pimpinan Cabang Muhammadiyah Ngluwar tanah tersebut di ajukan sebagai tanah wakaf secara keseluruhan dengan ketentuan : Tanah seluas 1.000 meter persegi di wakafkan secara pribadi oleh bapak Sumardi , sedang sisanya panitia pembangunan memberi kesempatan kepada masyarakat umum untuk ikut ambil bagian , dengan cara membeli sertifikat wakaf seharga Rp. 40.000,-untuk setiap meter tanah. Setelah berstatus sebagai tanah wakaf dengan nadhir Muhammadiyah, maka Muhammadiyah mengajukan tanah tersebut untuk dimintakan dana pembangunan panti asuhan kepada yayasan Ibnu Hajar .

Proses pengajuan dana berjalan sangat cepat . Pada hari Jum’at tanggal 3 Syawal1421 H. bertepatan dengan tanggal 20 Desember 2000 M. tanah tersebut ditinjau oleh ustad Masyur sebagai wakil dari yayasan Ibnu Hajar. Setelah dipertimbangkan dengan masak , akhirnya tanah tersebut disetujui untuk diberi dana pembangunan panti asuhan. Pada tahap awal di setujui dana untuk membangun gedung asrama dan perlengkapannya. Setelah mendapat persetujuan tersebut, PimpinanCabang Muhammadiyah Ngluwar membentuk panitia pembangunan panti asuhan yatim putra yang diketuai oleh Bapak Imam Suhadi. Peletakan batu pertama pembangunan dilakukan pada hari Kamis tanggal 6 Dzulhijah 1421 H , bertepatan dengan tanggal 1 Maret 2001 M. Pelaksanaan pembangunan dilaksanakan dengan cepat . Dengan segala kemampuan dalam waktu 3,5 bulan pembangunan sarana dan prasarananya selesai berupa 10 lokal gedung asrama dengan kapasitas 70 orang anak asuh dilengkapi dengan masjid dan tempat wudhu, ruang kantor, ruang komputer, ruang perpustakaan , ruang ustad mukim , ruang makan , ruang dapur , 9 kamar mandi dengan sebuah tower penampung air dan fasillitas olah raga berupa unit lapangan bola volly, unit lapangan tenis meja , unit lapangan bulu tangkis.

Pada tanggal 16 juli 2001 bertepatan awal tahun ajaran baru sekolah, Panti Asuhan Yatim Putra Utsman bin Affan secara resmi mulai menerima anak asuh. dari berbagai tingkatan usia sekolah mulai TK sampai SLTA.

Pada Tanggal 29 Maret 2002 M. Bertepatan dengan tanggal 16 Muharram 1422 H. PAY Utsman Bin Affan di resmikan oleh Ustadz Shalih Salim selaku wakil pengurus yayasan Ibnu Hajar Jakarta.

Pada tanggal 21 April 2003 berdiri Yayasan Badan Wakaf Utsman Bin Affan sebagai pengelola langsung Panti Asuhan Yatim putra Utsman Bin Affan dengan Akte Notaris No. 01 tahun 2003 . dan pada tanggal 29 September 2003 Dinas Kesejahteraan Sosial Propinsi Jawa tengah memberikan ijin operasional No. 546 / ORSOS / IX / 2003. Pada tahun 2007 diperpanjang dengan ijin baru No. 546 / ORSOS / 2003 / 2007 . Tahun 2011 diperbaharui dengan No. 908 / ORSOS / IX / 2012.

Pada tahun 2005 terpilih sebagai pengelola terbaik panti asuhan / organisasi sosial tingkat kabupaten Magelang, dan peringkat 3 tingkat propinsi Jawa Tengah.

Pada bulan Juli 2008 menerima anakl asuh putri yang ditempatkan di asrama putri di Gedog, Ngluwar, Magelang.

Back to Top